Artikel Kesehatan


Manfaat dan kerugian mengonsumsi Susu Kedelai



Manfaat:
1.       Mengatasi Intoleransi Laktosasistem
                  Intoleransi Laktosasistem  dalah pencernaan tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (lemak susu) dengan baik akibat terbatasnya enzyme laktase dalam tubuh- yang berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna usus. Sebagai solusinya untuk anak balita anda yang berusia di atas 1 tahun ke atas, anda bisa memberikannya susu kedelai sebagai nutrisi pendamping ASI karena susu kedelai tidaklah mengandung laktosa susudalam porsi 1-2 gelas per hari.

2.       Pengganti susu sapi bagi penderita autism
              Autisme dapat diartikan sebagai suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal.Para
penderita autis disarankan agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung Kasein (Protein susu) dan Glutein (protein tepung karena kedua jenis protein tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan si penderita autis menjadi lebih hiperaktif. Susu sapi dan keju adalah salah satu sumber kasein. Susu kedelai dapat memberikan pasokan nutrisi yang sama dengan susu sapi.

3.       Pengganti susu sapi bagi para vegetarian
                Seorang vegetarian tentu tidak akan mengonsumsi maknan dari hewan dalam bentuk apapun, maka sebagai pengganti susu sapi adalah susu kedelai. Agar memperoleh gizi yang tidak kalah dengan gizi susu sapi maka vegetarian disarankan mengonsumsi susu kedelai. Karena kandungan gizi susu kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin (B1,B2,B6, dan provitamin A), sumber mineral (Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor), sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak).

4.       Mengurangi kadar kolesterol darah

Di dalam tubuh, kolesterol akan bergabung dengan protein dan akan membentuk suatu senyawa yang disebut lipoprotein (kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL). Jika kadar LDL dalam darah terlalu banyak maka dapat menyumbat arteri serta meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sedangkan kebalikannya apabila level HDL yang rendah malah dapat meningkatkan resiko penyakit jantug. kandungan lesitin dalam susu kedelai akan berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan kandungan isoflavon akan mampu berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung.

5.       Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke

Vitamin E mampu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Penelitian dari Harvard University mengatakan bahawa sseorang yang mengonsumsi  Vitamin E 200 I.U/ hari berisiko mendapat gangguan kardiovaskular yaitu berat menurun sebesar 34 %. Asam Folat dan Vitamin B6 yang bermanfaat mencegah penyakit jantung. Kandungan magnesiumnya mampu mengatur tekanan darah .

6.       Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai mampu mengatasi sindroma menopause dan juga mencegah osteoporosis. Kandungan lainnya yang dapat menghambat menopause adalah vitamin E.

7.       Mencegah migrain

Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya akan kandungan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) akan mampu untuk mencegah dan meredakan migrain.

8.       Untuk mencegah penuaan dini

Salah satu penyebab timbulnya penuaan dini adalah paparan radikal bebas. Untuk melawannya dibutuhkan antioksidan. Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging.


Kerugian:

1.       Pada wanita, susu kedelai dapat menyebabkan kanker endometrium atau lapisan rahim, kanker tiroid dan kanker payudara
2.       isoflavon susu kedelai dapat mempengaruhi produksi sperma pria dan terjadi penurunan kuantitas sebanyak 40 persen.
3.       Fitoestrogen, senyawa yang ditemukan dalam susu kedelai mengurangi testosteron pada pria. Kadar testosteron rendah dapat menyebabkan gairah seks menurun pada pria


Dari artikel di atas reader dapat mebuat kebijakan sendiri dalam mengonsumsi susu kedelai. Saya berharap reader mendapatkan menfaat setelah membaca artikel yang masih banyak kekurangan ini…

------Thank’s for reading------

0 Response to "Artikel Kesehatan"

Posting Komentar